Strategi Boeing
untuk produknya, 787 Dreamliner, memiliki keunikan baik dari perspektif
perancangan mesin maupun global.
            Dreamliner menggabungkan berbagai
teknologi angkasa luar terkini, dari kerangka pesawat dan desain mesin sampai
lapisan grafit titanium yang sangat ringan, serat karbon dan epoxy, serta
komposit. Inovasi lainnya adalah system pemantauan elektronik yang memungkinkan
pesawat untuk melaporkan kebutuhan pemeliharaan bagi system computer untuk
penerbangan. Boeing juga telah bekerja sama dengan General Electric dan
Roll-Royce untuk mengembangkan mesin yang lebih efisien. Keunggulan dalam
teknologi mesin memberikan kontribusi yang setara dengan peningkatan 8% dalam
efisiensi bahan bakar/ muatan pada pesawat baru ini, merepresentasikan suatu
lompatan dalam teknologi hampir sebesar dua generasi.
            Boeing 787 yang rancangannya canggih
ini juga bersifat global. Dipimpin oleh Boeing dari markasnya di Everett , Washington 
            Produk 787 bersifat global karena mampu menempuh jarak sejauh 8.300 mil. Produk
787 bersifat global karena dibuat di seluruh dunia. Dengan risiko keuangan yang
besar – lebih dari $5 miliar – Boeing membutuhkan mitra. Baik teknologi maupun
pasar pesawat terbang yang bersifat global berarti mereka harus menemukan
pengembang dan pemasok yang luar biasa di manapun mereka berada. Hal ini juga
berarti mereka harus menemukan perusahaan yang bersedia maju menghadapi risiko,
sehubungan dengan sebuah produk baru yang sangat mahal. Mitra-mitra ini tidak
hanya menyebarkan risikonya, tetapi juga harus berkomitmen. Negara-negara yang
memiliki investasi pada produk 787 memiliki potensi yang lebih besar untuk
membeli produk Boeing daripada produk kompetitor mereka dari Eropa, Airbus
Industries.
            Boeing
membentuk tim dengan lebih dari 20 pemasok sistem dari seluruh dunia untuk
mengembangkan teknologi dan konsep rancangan untuk produk 787. Boeing menemukan
mitra untuk produk 787 pada lebih dari 12 negara; beberapa di antaranya
ditunjukkan pada tabel berikut.
Beberapa Pemasok Komponen Boeing 787 dari Seluruh Dunia
| 
Latecoere 
Labinel 
Dassault 
Messier-Bugatti 
Thales 
Messier-Dowty 
Diehl 
Cobham 
Rolls-Royce 
Smith Aerospace 
BAE Systems 
Alenia Aeronautica 
Toray Industries 
Kawaski Heavy Industries 
Teijin Seiki 
Mitsubishi Heavy Industries 
Chengdu Aircraft Group 
Hafei Aviation 
Korean Airlines 
Saab | 
Prancis 
Prancis 
Prancis 
Prancis 
Prancis 
Prancis 
Jerman 
UK 
UK 
UK 
UK 
Italia 
Jepang 
Jepang 
Jepang 
Jepang 
Jepang 
Cina 
Cina 
Korea Utara 
Swedia | 
Pintu penumpang 
Pengabelan 
Perancangan dan piranti lunak PLM 
Rem pendaratan 
Sistem konversi tenaga listrik dan tampilan penerbangan posisi siaga yang
  terintegrasi 
Struktur roda-roda pendaratan 
Pencahayaan interior 
Pompa dan katup bahan bakar 
Mesin 
Sistem komputer pusat 
Elektronik 
Badan pesawat terbang bagian tengah atas dan penyeimbang horizontal 
Serat karbon untuk sayap dan ekor 
Kotak sayap bagian tengah 
Badan pesawat terbang bagian depan, bagian sayap yang tetap, putaran
  roda-roda pendaratan 
Akuator Hidraulik 
Kotak sayap 
Kemudi 
Suku cadang 
Ujung sayap 
Pintu kargo dan akses | 
            Perusahaan-perusahaan
Jepang seperti Toray, Teijin Seiki, Fuji, Kawasaki, dan Mitsubishi menghasilkan
lebih dari 35% keseluruhan proyek tersebut dengan menyediakan keseluruhan
bagian badan pesawat komposit. Alenia Aeronautica dari Italia memasok 10% dari
pesawat.
            Ada
banyak perusahaan Amerika Serikat – di antaranya Crane Aerospace, Fairchild
Controls, Goodrich, General Dynamics, Hamilton Sundstrand, Honeywell, Moog,
Parker Hannifin, Rockwell Collins, Vought Aircraft, dan Triumph Group – yang
juga merupakan pemasok. Sekitar 70% sampai 80% produk Dreamliner ini dibuat
oleh negara-negara  lain. Bahkan, beberapa
bagian yang dibuat Boeing dihasilkan oleh fasilitas Boeing yang berada di luar
Amerika Serikat, yakni Australia dan Kanada.
            Produk
Dreamliner yang global ini efisien, memiliki jangkauan global, dan dibuat dari
berbagai komponen yang dihasilkan oleh tempat-tempat di seluruh dunia. Hasilnya
adalah sebuah pesawat canggih yang menggambarkan sifat global dari bisnis abad
ke 21 dan salah satu pesawat komersial 
yang paling cepat terjual dalam sejarah.
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar