Jumat, 06 Januari 2012 - , , , , , , 0 komentar

STRATEGI GLOBAL BOEING MENGHASILKAN KEUNGGULAN BERSAING


Strategi Boeing untuk produknya, 787 Dreamliner, memiliki keunikan baik dari perspektif perancangan mesin maupun global.
            Dreamliner menggabungkan berbagai teknologi angkasa luar terkini, dari kerangka pesawat dan desain mesin sampai lapisan grafit titanium yang sangat ringan, serat karbon dan epoxy, serta komposit. Inovasi lainnya adalah system pemantauan elektronik yang memungkinkan pesawat untuk melaporkan kebutuhan pemeliharaan bagi system computer untuk penerbangan. Boeing juga telah bekerja sama dengan General Electric dan Roll-Royce untuk mengembangkan mesin yang lebih efisien. Keunggulan dalam teknologi mesin memberikan kontribusi yang setara dengan peningkatan 8% dalam efisiensi bahan bakar/ muatan pada pesawat baru ini, merepresentasikan suatu lompatan dalam teknologi hampir sebesar dua generasi.
            Boeing 787 yang rancangannya canggih ini juga bersifat global. Dipimpin oleh Boeing dari markasnya di Everett, Washington, tim perusahaan penerbangan dari seluruh dunia mengembangkan pesawat tersebut. Teknologi baru, rancangan baru, proses manufaktur baru, dan peran serta pemasok dari seluruh dunia membantu Boeing dan mitranya mencapai keberhasilan luar biasa dari segi perancangan, manufaktur, dan operasi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.
            Produk 787 bersifat global karena mampu menempuh jarak sejauh 8.300 mil. Produk 787 bersifat global karena dibuat di seluruh dunia. Dengan risiko keuangan yang besar – lebih dari $5 miliar – Boeing membutuhkan mitra. Baik teknologi maupun pasar pesawat terbang yang bersifat global berarti mereka harus menemukan pengembang dan pemasok yang luar biasa di manapun mereka berada. Hal ini juga berarti mereka harus menemukan perusahaan yang bersedia maju menghadapi risiko, sehubungan dengan sebuah produk baru yang sangat mahal. Mitra-mitra ini tidak hanya menyebarkan risikonya, tetapi juga harus berkomitmen. Negara-negara yang memiliki investasi pada produk 787 memiliki potensi yang lebih besar untuk membeli produk Boeing daripada produk kompetitor mereka dari Eropa, Airbus Industries.
            Boeing membentuk tim dengan lebih dari 20 pemasok sistem dari seluruh dunia untuk mengembangkan teknologi dan konsep rancangan untuk produk 787. Boeing menemukan mitra untuk produk 787 pada lebih dari 12 negara; beberapa di antaranya ditunjukkan pada tabel berikut.
Beberapa Pemasok Komponen Boeing 787 dari Seluruh Dunia
Latecoere
Labinel
Dassault
Messier-Bugatti
Thales

Messier-Dowty
Diehl
Cobham
Rolls-Royce
Smith Aerospace
BAE Systems
Alenia Aeronautica

Toray Industries
Fuji Heavy Industries
Kawaski Heavy Industries


Teijin Seiki
Mitsubishi Heavy Industries
Chengdu Aircraft Group
Hafei Aviation
Korean Airlines
Saab
Prancis
Prancis
Prancis
Prancis
Prancis

Prancis
Jerman
UK
UK
UK
UK
Italia

Jepang
Jepang
Jepang


Jepang
Jepang
Cina
Cina
Korea Utara
Swedia
Pintu penumpang
Pengabelan
Perancangan dan piranti lunak PLM
Rem pendaratan
Sistem konversi tenaga listrik dan tampilan penerbangan posisi siaga yang terintegrasi
Struktur roda-roda pendaratan
Pencahayaan interior
Pompa dan katup bahan bakar
Mesin
Sistem komputer pusat
Elektronik
Badan pesawat terbang bagian tengah atas dan penyeimbang horizontal
Serat karbon untuk sayap dan ekor
Kotak sayap bagian tengah
Badan pesawat terbang bagian depan, bagian sayap yang tetap, putaran roda-roda pendaratan
Akuator Hidraulik
Kotak sayap
Kemudi
Suku cadang
Ujung sayap
Pintu kargo dan akses

            Perusahaan-perusahaan Jepang seperti Toray, Teijin Seiki, Fuji, Kawasaki, dan Mitsubishi menghasilkan lebih dari 35% keseluruhan proyek tersebut dengan menyediakan keseluruhan bagian badan pesawat komposit. Alenia Aeronautica dari Italia memasok 10% dari pesawat.
            Ada banyak perusahaan Amerika Serikat – di antaranya Crane Aerospace, Fairchild Controls, Goodrich, General Dynamics, Hamilton Sundstrand, Honeywell, Moog, Parker Hannifin, Rockwell Collins, Vought Aircraft, dan Triumph Group – yang juga merupakan pemasok. Sekitar 70% sampai 80% produk Dreamliner ini dibuat oleh negara-negara  lain. Bahkan, beberapa bagian yang dibuat Boeing dihasilkan oleh fasilitas Boeing yang berada di luar Amerika Serikat, yakni Australia dan Kanada.
            Produk Dreamliner yang global ini efisien, memiliki jangkauan global, dan dibuat dari berbagai komponen yang dihasilkan oleh tempat-tempat di seluruh dunia. Hasilnya adalah sebuah pesawat canggih yang menggambarkan sifat global dari bisnis abad ke 21 dan salah satu pesawat komersial  yang paling cepat terjual dalam sejarah.

0 komentar:

Posting Komentar