Jumat, 06 Januari 2012 - , , , , , 0 komentar

PROFIL PERUSAHAAN GLOBAL: McDONALD’S


McDonald’s Mencari Keunggulan Bersaing Melalui Tata Letak
Dalam setengah abad keberadaannya, McDonald’s telah membuat  perubahan besar-besaran dalam industri restoran dengan dengan menciptakan suatu restoran siap saji yang memiliki menu terbatas. McDonald’s juga telah membuat lima inovasi utama. Pertama, adalah pengenalan tempat duduk di dalam ruangan (1950-an) yang membuat isu strategis dari tata letak fasilitas, sebagaimana hal kedua, yakni jendela drive-through (1970-an). Ketiga, penambahan menu sarapan pada menu yang ada (1980-an) merupakan strategi produk. Keempat, penambahan area bermain (1980-an) yang lagi-lagi merupakan keputusan tata letak.
            Pada tahun 1990-an, McDonald’s melengkapi kelima inovasi utamanya yang kali ini dengan melakukan penataan ulang dapurnya secara radikal di seluruh outletnya di Amerika Utara yang berjumlah 13.500. Pada system dapur yang diberi nama “Dibuat untuk Anda (Made for You)”, roti lapis daging dibuat sesuai dengan tata letak yang baru.
            Pada tahun 2004, waralaba tersebut mulai melakukan inovasi utamanya yang keenam, tata letak baru untuk pemesanan makanan: kios swalayan (self service kiosk). Kios swalayan telah berusaha diwujudkan sejak digunakannya ATM di tahun 1985 (ada lebih dari ½ juta mesin ATM). Alaska Airlines adalah maskapai penerbangan pertama yang menyediakan fasilitas check in bandara secara swalayan pada 1996. Sekarang, sebagian besar penumpang penerbangan besar melakukan check in secara swalayan. Kios Check in swalayan memakan tempat lebih sedikit daripada seorang karyawan, juga mengurangi waktu antre.
            Sekarang, McDonald’s sedang mengerjakan inovasi utamanya yang ketujuh, dan tidak mengejutkan juga berkaitan dengan tata letak. Perusahaan ini sedang merancang ulang semua restorannya (ada 30.000) di seluruh dunia untuk menyesuaikannya dengan wajah abad ke 21. Tempat makannya akan terpisah menjadi tiga bagian dengan setiap karakteristiknya: (1) zona “diam (linger)” focus pada remaja dan menawarkan furniture yang nyaman dan koneksi Wi-Fi; (2) zona “ambil dan pergi (grab and go)” menawarkan tempat duduk yang tinggi, bangku ala bar, dan TV plasma; serta (3) “zona fleksibel” yang mempunyai warna yang cerah untuk keluarga, kursi fleksibel, dan musik untuk anak-anak. Biaya per bagian ini sebesar $300.000-$400.000 untuk renovasi.
            Seperti telah diketahui oleh McDonald’s, tata letak fasilitas benar-benar merupakan sumber keunggulan bersaing.

0 komentar:

Posting Komentar