ANALISIS MARJINAL


          ANALISIS MARJINAL MERUPAKAN PENERAPAN ANALISIS MATEMATIKA KALKULUS/DIFFERENSIAL PADA EKONOMI DAN BISNIS.
          KONSEP MARJINAL YANG SERING KITA TEMUI DALAM ANALISIS EKONOMI DAN BISNIS:

  1. BIAYA MARJINAL (MARGINAL COST = MC)
  2. PENERIMAAN MARJINAL (MARGINAL REVENIU =MR)
  3. UTILITAS MARJINAL (MARJINAL UTILITY = MU)
  4. PRODUKTIVITAS MARJINAL (MARGINAL PRODUCTIVITY = MP)
  5. KOMSUMSI MARJINAL (MARGINAL PROPENSITY TO CONSUME = MPC)
  6. SAVING MARJINAL (MARGINAL PROPENSITY TO SAVE)
 v  BIAYA MARJINAL (MARGINAL COST = MC)
      MERUPAKAN BESARNYA BIAYA TAMBAHAN YANG DIKELUARKAN UNTUK         MENGHASILKAN TAMBAHAN SATU UNIT BARANG.
      MC MERUPAKAN TURUNAN PERTAMA DARI BIAYA TOTAL 
      (MC = C’ = ðC/ ðQ)

v  PENERIMAAN MARJINAL (MARGINAL REVENIU =MR)
    MERUPAKAN BESARNYA TAMBAHAN PENERMAAN YANG DIPEROLEH KARENA      BERTAMBAHNYA SATU UNIT BARANG YANG DIHASILKAN/DIJUAL
     MR MERUPAKAN TURUNAN PERTAMA DARI TOTAL PENERIMAAN
    ( MR = R’ = ðR/ ðQ)

v  UTILITAS MARJINAL (MARJINAL UTILITY = MU)
     MERUPAKAN TAMBAHAN KEGUNAAN YANG DINIKMATI KONSUMEN APABILA     MENAMBAH SATU UNIT BARANG.
     MU MERUPAKAN TURUNAN PERTAMA DARI FUNGSI UTILITY
    (MU = U’ = ðU/ ðQ)

v  PRODUKTIVITAS MARJINAL (MARGINAL PRODUCTIVITY = MP)
     MERUPAKAN TAMBAHAN JUMLAH YANG DIPRODUKSI KARENA ADA TAMBAHAN      SALAH SATU FAKTOR PRODUKSI YANG ADA
     MP MERUPAKAN TURUNAN PERTAMA DARI FUNGSI PRODUKSI
    (MP = P’ = ðP/ ðQ)





0 komentar:

Posting Komentar