Jumat, 06 Januari 2012 - , , , , , , , , , , 0 komentar

Pendahuluan Statistik


Definisi

Statistik  adalah suatu kumpulan yang tersusun lebih dari satu angka. Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan pengumpulan, penyajian, penganalisisan dan penginterpretasian data angka untuk pengambilan keputusan yang efektif.

Statistik Deskriptif adalah metoda-metoda statistik yang digunakan untuk menggambarkan data yang telah dikumpulkan. Statistik Inferensia adalah metoda-metoda yang digunakan untuk mengetahui tentang populasi berdasarkan sampel yang ditarik dari populasi tersebut.

Populasi adalah kumpulan dari semua data dari hal yang menjadi perhatian. Sampel adalah suatu porsi atau bagian populasi tertentu yang menjadi perhatian.

Data dibagi menjadi data kualitatif dan kuantitatif. Data Kualitatif  adalah data yang tidak berupa angka. Data Kuantitatif  adalah data yang berupa angka.

Data juga dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Data Primer adalah data yang diperoleh dari sumber asalnya. Data Sekunder adalah data yang diterbitkan oleh lembaga yang bukan merupakan sumber asalnya.

Di samping itu data juga dibagi menjadi data time series, data cross sections, dan data pooled (panel). Data time series adalah data yang mengikuti urutan waktu dari suatu obyek (perusahaan, daerah, dl.).  Data cross sections adalah data pada suatu waktu tertentu dari banyak obyek. Data pooled (panel) adalah gabungan data time series dan data cross sections.


0 komentar:

Posting Komentar