Jumat, 06 Januari 2012 - , , , , 0 komentar

PROFIL PERUSAHAAN GLOBAL: DELL COMPUTER CORP. - Kustomisasi Massal Memberikan Keunggulan Bersaing bagi Dell Computer


Dell computer memulai usahanya dengan satu dasar pemikiran: menjual langsung kepada pelanggan sehingga menghilangkan rantai distribusi yang menyebabkan harga jual komputer meningkat. Proses Dell yang cerdas ini telah menjadi contoh bagi industri komputer dan membuat Dell menduduki peringkat pertama dalam penjualan komputer.
            Pabrik Dell di Austin, Texas dan Nashville, Tennessee adalah contoh manufaktur yang efisien. Model penjualan langsung Dell dan proses produksinya yang singkat menghasilkan umpan balik konsumen secara instan. Karena inilah, Dell menjadi orang pertama yang mengetahui perubahan di pasar. Dell telah berhasil dalam hal manufaktur dan mengenal konsumennya sehingga peningkatan produktivitas yang besar telah menjadi suatu norma dengan ruang manufaktur yang terus berkurang. Penggunaan robot telah memotong waktu yang diperlukan untuk memuat komputer ke dalam kemasannya.
            Waktu juga telah dihemat dengan menggabungkan langkah pengunduhan peranti lunak dan pengujian komputer menjadi satu langkah saja. Dell menjaga desain produk dengan meninjaunya kembali secara konstan, menyederhanakan komponen-komponennya, mempercepat perakitan, dan menghemat waktu lebih banyak lagi. Penghematan waktu meningkatkan hasil, menambah kapasitas, dan berkontribusi pada fleksibilitas. Hasil, kapasitas, dan fleksibilitas yang bertambah ini memungkinkan Dell untuk menanggapi perubahan permintaan yang cepat dan terus menerus di pasar PC.
            Para pemasok dan petugas pembelian dalam Dell mengevaluasi bagian persediaan setiap jam dan agar pekerjaan dalam proses (work in process – WIP) terjaga tetap minimum. Walaupun rantai pasokannya panjang dan beragam, Dell hanya beroperasi dengan persediaan untuk 4 hari, lebih sedikit dibandingkan para pesaingnya. Tim sebanyak enam orang merakit 18 komputer setiap jamnya dengan bagian-bagian yang datang melalui sistem ban berjalan. Ketika sebuah sel kerja mengalami masalah, bagian-bagian  komputer dipindahkan ke sel lain secara instan, menghindari keterlambatan yang merupakan hal umum dalam jalur perakitan tradisional.
            Sekarang Dell telah merambah dunia internet. Tidak ada perusahaan Amerika Serikat seukuran Dell yang sukses menjadikan internet sebagai alat untuk meningkatkan produktivitasnya sehari-hari. Dell telah memadukan Web  pada setiap aspek bisnisnya – desain, produksi, penjualan, dan pelayanan. Dell juga menetapkan standar untuk pengantaran cepat dan kustomisasi masal. Proses ini mencegah satu masalah utama dalam pasar komputer yang berubah sangat cepat – yaitu komputer yang ketinggalan zaman. Selain itu, Dell telah melakukan banyak hal untuk merapikan bagian persediaan. Sebagai contoh, pengantaran komponen hanya membutuhkan beberapa menit sebelum mereka dibutuhkan.
Suatau alasan kustomisasi massal dapat berfungsi dengan baik di Dell adalah karena menginvestasikan sumber daya dalam pengembangan komponen komputer (sebagaimana banyak pesaing lainnya). Dell memusatkan hampir seluruh perhatiannya pada penelitian dan pengembangan (litbang) piranti lunak yang dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses instalasi dan konfigurasi komputer. Kecepatan produksi Dell membuat banyak perusahaan multinasional yang menggunakan Dell sebagai pemasok de factonya begitu terkesan. Reputasi perusahaan tersebut begitu tinggi sehingga CEO Michael Dell menjadi penasehat sekarang bagi banyak perusahaan lain dalam hal kustomisasi massal.

0 komentar:

Posting Komentar