Jumat, 06 Januari 2012 - , , , , 0 komentar

Profil Perusahaan Global: Regal Marine


Strategi Produk Memberikan Keunggulan Bersaing di Regal Marine

Tiga puluh tahun setelah didirikan oleh seorang petani kentang, Paul Kuck, Regal Marine telah menjadi suatu nama yang terkemuka di perairan seluruh dunia. Sebagai produsen perahu terbesar ketiga di dunia (melalui penjualan global), Regal mengekspor ke 30 negara, termasuk Rusia dan Cina. Hampir sepertiga transaksi penjualannya terjadi di luar negeri asalnya.
            Desain produk sangatlah penting pada bisnis perahu, dimana persaingannya sangat ketat. “Kami tetap berhubungan dengan pelanggan kami dan merespon pasar,” ujar Kuck. “Kami memperkenalkan enam model baru hanya pada tahun ini. Saya katakana, kami benar-benar berada di bagian yang sangat agresif.”
            Dengan selera pelanggan yang selalu berubah, digabungkan dengan perubahan bahan dan teknologi kelautan yang semakin canggih, fungsi desain terus berada dalam tekanan. Ditambah lagi, adanya permasalahan persaingan biaya yang dipadu dengan kebutuhan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggan.
            Karena itulah, Regal Marine merupakan pengguna tetap dari system perancangan yang dibantu computer (computer aided design – CAD). Desain yang baru menjelma seakan-akan hidup dengan menggunakan system CAD tiga dimensi Regal yang dipinjam dari teknologi otomotif. Tujuan para arsitek kelautan Regal adalah terus mengurangi waktu, mulai dari konsep menjadi purwarupa hingga produksi. Sistem CAD yang istimewa tidak hanya mengurangi waktu pengembangan produk, tetapi juga mengurangi permasalahan dengan peralatan dan produksi yang hasilnya adalah produk unggulan.
            Semua produk Regal, mulai dari perahu 19 kaki seharga $14.000 hingga yacht Commodore 44 kaki seharga $500.000, menjalani proses produksi serupa. Lambung dan haluan kapal diproduksi dengan menggunakan tangan secara terpisah dengan menyemprotkan cetakan yang belum dibentuk dengan tiga hingga lima lapisan pelapis dari fiberglass. Lambung dan haluan kapal dibiarkan mengeras, lalu diangkat untuk menjadi struktur bagian atas dan bawah perahu. Selanjutnya mereka dibawa ke lini perakitan, digabungkan, dan berbagai komponen ditambahkan pada setiap stasiun kerja.
            Bagian-bagian kapal yang terbuat dari kayu, dipotong sendiri terlebih dahulu oleh mesin yang dikendalikan computer, diantar tepat waktu untuk dipasang pada satu stasiun kerja. Mesin – satu dari sedikit komponen yang dibeli oleh Regal – dipasang di stasiun yang lain. Rak kabel listrik diatur dan dibor sendiri, selanjutnya dipasang. Sebuah departemen bertugas memasang tempat duduk dan tempat tidur yang dibuat khusus, juga dashboard atau komponen lainnya yang menggunakan bantalan. Akhirnya, peralatan yang terbuat dari krom dipasang pada tempatnya dan perahunya dikirim ke tangki uji Regal untuk diuji kekedapan, ukuran, dan sistemnya.
            Kapal yang lebih besar, seperti Commodore 4260 Express yang mewah ini, sedang diuji di danau atau laut. Regal adalah salah satu dari sedikit pembuat kapal di dunia yang mendapatkan sertifikasi kualitas ISO 9001: 2000.

0 komentar:

Posting Komentar