Jumat, 06 Januari 2012 - , , , , 0 komentar

MANAJEMEN OPERASI HARD ROCK CAFÉ


Setiap hari, manajer operasi di seluruh dunia menghasilkan produk-produk untuk kesejahteraan masyarakat. Produk-produk ini muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari mesin cuci buatan Whirpool, film produksi Dreamworks, wahana permainan di Disney world, ataupun makanan di Hard Rock Café. Perusahaan-perusahaan ini memproduksi ribuan produk setiap hari – untuk diantarkan saat pelanggan memesannya, ketika mereka menginginkannya, dan dimanapun mereka menginginkannya. Hard Rock melakukan hal itu untuk lebih dari 35 juta pengunjung kafenya di seluruh dunia setiap tahun. Hal ini merupakan tugas menantang yang menjadikan peran manajer operasi sangat dibutuhkan, baik di Whirpool, Dreamworks, Disney, maupun Hard Rock.
            Hard Rock Café, yang berpusat di Orlando, membuka restoran pertamanya di London pada tahun 1971, menjadikannya restoran yang berusia lebih dari 35 tahun dan menjadi panutan bagi restoran lain. Walaupun restoran lain muncul dan silih berganti, Hard Rock tetap bertahan dengan 121 restoran di 40 negara – dan jumlah inipun masih terus bertambah dengan dibukanya restoran-restoran Hard Rock Café setiap tahun. Hard Rock terkenal dengan benda kenangan (memorabilia) musik rock yang dimulai saat pelanggan tetapnya, Eric Clapton, menandai kursi favoritnya dengan menggantungkan gitarnya pada dinding di Hard Rock Café London. Sekarang Hard Rock mempunyai investasi bernilai jutaan dolar dalam bentuk memorabilia. Untuk menjaga agar pelanggannya kembali datang, Hard Rock menciptakan nilai tambah dalam bentuk makanan lezat dan hiburan.
            Manajer operasi pada Hard Rock Café di Universal Studios di Orlando menyediakan lebih dari 3.500 produk khusus (berupa makanan) setiap hari. Makanan ini harus diracik dan dicoba, kemudian dilakukan analisis biaya bahan baku, pekerja yang dibutuhkan, dan tingkat kepuasan pelanggan. Setelah disetujui, sebuah menu dimasukkan ke bagian produksi – hanya jika bahan bakunya  tersedia dari pemasok yang terpilih. Proses produksi – mulai dari penerimaan, penyimpanan di mesin pendingin hingga ke pemanggangan, pembakaran atau penggorengan, dan puluhan tahapan lainnya dirancang dan dipersiapkan untuk menghasilkan makanan berkualitas terbaik. Manajer operasi harus mempersiapkan jadwal kerja pegawai dan merancang tata letak yang efisien dengan mempekerjakan orang-orang terbaik yang dapat mereka sewa atau latih.
            Manajer yang sukses dalam merancang dan menyediakan barang dan jasa di seluruh dunia adalah manajer yang memahami Manajemen Operasi.



0 komentar:

Posting Komentar