Senin, 09 Januari 2012 - , , , , , , 0 komentar

SIFAT DAN RUANG LINGKUP EKONOMI MANAJERIAL


Setiap manajer pasti menghadapi masalah masalah manajerial dalam kegiatan bisnisnya sehari-hari.Tugas manager membuat keputusan yang berkaitan dengan masalah masalah bisnis, sehingga dengan keputusan keputusan  itu memungkinkan perusahaan dapat mencapai tujuan nya secara efisien dan efektif. 

Masalah timbul ketika terdapat kesenjangan antara kondisi empiris (di lapangan) dengan apa yang diinginkan oleh manajer.

Masalah-Masalah
Masalah-masalah yang biasa dihadapi para manajer, misalnya:
  • Masalah Penjualan menurun  dan penentuan tingkat harga dan tingkat keluaran produk.
  • Masalah Biaya Produksi meningkat, dan apakah akan membuat produk sendiri atau membelinya dari pihak lain. 
  • Masalah Produktivitas menurun, apa terkait dengan keputusan teknik produksi dan pemilihan teknologi.
  • Masalah tingkat persediaan (inventory). 
  • Masalah pemilihan media dan intensitas periklanan serta promosi 
  • Masalah keterampilan managerial rendah, sehingga perlu melakukan penerimaan dan pelatihan tenaga kerja.
  • Masalah investasi dan pendanaan.

Untuk mengatasi masalah-masalah manajerial, manajer perlu mengambil keputusan yang efektif, dalam arti keputusan yang terbaik atau paling optimal. Keputusan optimal ini berarti maksimisasi dan minimisasi; maksimisasi untuk laba, tingkat produksi atau keluaran,tingkat layanan; dan minimisasi untuk biaya dan risiko.

Dalam rangka mencapai keputusan optimal itu biasanya manajer bergantung pada informasi yang didapatkan dari data kuantitatif (yang didapatkan dari analisis data) dan data kualitatif (yang diperoleh manajer dari intuisi dan pengalaman bisnisnya). 



GAMBAR ANTARA MASALAH DAN KEPUTUSAN BISNIS

Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah manajerial adalah ekonomi manajerial.
  •  Ekonomi Manajerial adalah studi yang menerapkan teori dan konsep-konsep dalam ilmu ekonomi dan metode (teknik-teknik) untuk memecahkan masalah masalah manajerial secara optimal.
  • Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah manajerial adalah ekonomi manajerial.
  •  Ekonomi Manajerial adalah studi yang menerapkan teori dan konsep-konsep dalam ilmu ekonomi dan metode (teknik-teknik) untuk memecahkan masalah masalah manajerial secara optimal.


  • Ekonomi manajerial menggabungkan ilmu ekonomi dan ilmu pengambilan keputusan.
  • Pappas mengungkapkan bahwa konsep ekonomi yang dapat digunakan biasanya kerangka kerja keputusan, khususnya teori perilaku konsumen, teori perusahaan, teori struktur pasar dan penetapan harga di pasar.
  • Sementara, ilmu keputusan yang digunakan menyangkut alat dan teknik analisis numerik (matematis), estimasi statistik, teknik peramalan, teori permainan dan teknik optimisasi.
  • Ekonomi manajerial tidak saja digunakan dalam pengambilan keputusan manajerial untuk bisnis saja.


Maurice dan Thomas (1995) mengungkapkan bahwa studi ekonomi manajerial akan membantu dalam karir di bidang:
  1. Bisnis. Karir di bidang bisnis membutuhkan pemahaman mengenai teori ekonomi, keterampilan statistik dan matematis yang kuat, serta keterampilan komunikasi yang efektif. Studi ekonomi manajerial akan membantu pemahaman teori mikro ekonomi dan kemampuan untuk mengaplikasikan alat-alat kuantitatif kepada pengambilan keputusan bisnis. 
  2. Pemerintahan. Banyak pekerjaan dalam pemerintah an membutuhkan analisis ekonomi. Para ahli ekonomi pemerintahan biasanya menganalisis dan meramalkan dampak perubahan peraturan dan kebijakan publik. Pemahaman terhadap ekonomi manajerial akan membantu analisis ini.
  3. Organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba, termasuk juga badan-badan negara membutuhkan juga keterampilan analitis yang penting dalam memberikan layanan dan kebijakan publik yang berkualitas dan optimal. Untuk itu dibutuhkan pemahaman terhadap ekonomi manajerial.









0 komentar:

Poskan Komentar