Jumat, 06 Januari 2012 - , , , , 0 komentar

PROFIL PERUSAHAAN GLOBAL: FEDERAL EXPRES


Lokasi Memberikan Keunggulan Bersaing bagi Federal Express
Federal Express yang menjagokan layanan pengiriman satu malamnya meyakini konsep hub (poros) membuatnya tetap berada dalam bisnis pengiriman paket selama 43 tahun. Saat kuliah walaupun Fred Smith (pendiri dan CEO FedEx) mendapatkan nilai C untuk karya tulisnya tentang konsep hub untuk pengiriman paket kecil, ide tersebut telah terbukti mengalami kesuksesan yang luar biasa. Dimulai dengan sebuah hub di Memphis, Tennessee (saat ini disebut superhub) yang merupakan perusahaan bernilai $ 30 miliar ini telah menambahkan sebuah hub untuk kawasan Eropa di Paris, hub untuk kawasan Asia di Guangzhou, Cina, hub untuk kawasan Amerika Latin di Miami, dan hub untuk Kanada di Toronto. Federal Express menerbangkan 650 pesawatnya ke 378 bandara di seluruh dunia, kemudian mengantarkannya ke pintu pelanggan dengan menggunakan lebih 42.000 mobil.
            Mengapa Memphis dipilih sebagai lokasi pusat Federal Express? (1) Memphis terletak di pusat Amerika Serikat, (2) Memphis jarang memiliki kondisi cuaca yang buruk, sehingga sangat mungkin memberikan kontribusi catatan keamanan penerbangan yang baik bagi perusahaan.
            Pada setiap malam, kecuali pada hari Minggu, Federal Express membawa paket dari seluruh dunia ke Memphis yang akan diantarkan ke kota-kota dimana Federal Express tidak memiliki penerbangan langsung.
            Hub terpusat menghasilkan pelayanan ke sejumlah titik yang jauh lebih banyak dengan pesawat yang lebih sedikit daripada system tradisional, “kota A ke kota B”. Hub yang terpusat juga memungkinkan Federal Express untuk menyesuaikan penerbangan pesawat dengan beban paket setiap malam, dan mengalihkan rute penerbangan saat dibutuhkan yang menghasilkan penghematan biaya yang besar. Lebih lagi, Federal Express juga meyakini system hub terpusat membantu mengurangi kesalahan penanganan dan keterlambatan saat transit karena pengendalian total dari paket, mulai titik penjemputan hingga pengantaran ke pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar