Strategi Boeing
untuk produknya, 787 Dreamliner, memiliki keunikan baik dari perspektif
perancangan mesin maupun global.
Dreamliner menggabungkan berbagai
teknologi angkasa luar terkini, dari kerangka pesawat dan desain mesin sampai
lapisan grafit titanium yang sangat ringan, serat karbon dan epoxy, serta
komposit. Inovasi lainnya adalah system pemantauan elektronik yang memungkinkan
pesawat untuk melaporkan kebutuhan pemeliharaan bagi system computer untuk
penerbangan. Boeing juga telah bekerja sama dengan General Electric dan
Roll-Royce untuk mengembangkan mesin yang lebih efisien. Keunggulan dalam
teknologi mesin memberikan kontribusi yang setara dengan peningkatan 8% dalam
efisiensi bahan bakar/ muatan pada pesawat baru ini, merepresentasikan suatu
lompatan dalam teknologi hampir sebesar dua generasi.
Boeing 787 yang rancangannya canggih
ini juga bersifat global. Dipimpin oleh Boeing dari markasnya di Everett , Washington ,
tim perusahaan penerbangan dari seluruh dunia mengembangkan pesawat tersebut.
Teknologi baru, rancangan baru, proses manufaktur baru, dan peran serta pemasok
dari seluruh dunia membantu Boeing dan mitranya mencapai keberhasilan luar
biasa dari segi perancangan, manufaktur, dan operasi pada tingkat yang belum
pernah terjadi sebelumnya.
Produk 787 bersifat global karena mampu menempuh jarak sejauh 8.300 mil. Produk
787 bersifat global karena dibuat di seluruh dunia. Dengan risiko keuangan yang
besar – lebih dari $5 miliar – Boeing membutuhkan mitra. Baik teknologi maupun
pasar pesawat terbang yang bersifat global berarti mereka harus menemukan
pengembang dan pemasok yang luar biasa di manapun mereka berada. Hal ini juga
berarti mereka harus menemukan perusahaan yang bersedia maju menghadapi risiko,
sehubungan dengan sebuah produk baru yang sangat mahal. Mitra-mitra ini tidak
hanya menyebarkan risikonya, tetapi juga harus berkomitmen. Negara-negara yang
memiliki investasi pada produk 787 memiliki potensi yang lebih besar untuk
membeli produk Boeing daripada produk kompetitor mereka dari Eropa, Airbus
Industries.
Boeing
membentuk tim dengan lebih dari 20 pemasok sistem dari seluruh dunia untuk
mengembangkan teknologi dan konsep rancangan untuk produk 787. Boeing menemukan
mitra untuk produk 787 pada lebih dari 12 negara; beberapa di antaranya
ditunjukkan pada tabel berikut.
Beberapa Pemasok Komponen Boeing 787 dari Seluruh Dunia
Latecoere
Labinel
Dassault
Messier-Bugatti
Thales
Messier-Dowty
Diehl
Cobham
Rolls-Royce
Smith Aerospace
BAE Systems
Alenia Aeronautica
Toray Industries
Kawaski Heavy Industries
Teijin Seiki
Mitsubishi Heavy Industries
Chengdu Aircraft Group
Hafei Aviation
Korean Airlines
Saab
|
Prancis
Prancis
Prancis
Prancis
Prancis
Prancis
Jerman
UK
UK
UK
UK
Italia
Jepang
Jepang
Jepang
Jepang
Jepang
Cina
Cina
Korea Utara
Swedia
|
Pintu penumpang
Pengabelan
Perancangan dan piranti lunak PLM
Rem pendaratan
Sistem konversi tenaga listrik dan tampilan penerbangan posisi siaga yang
terintegrasi
Struktur roda-roda pendaratan
Pencahayaan interior
Pompa dan katup bahan bakar
Mesin
Sistem komputer pusat
Elektronik
Badan pesawat terbang bagian tengah atas dan penyeimbang horizontal
Serat karbon untuk sayap dan ekor
Kotak sayap bagian tengah
Badan pesawat terbang bagian depan, bagian sayap yang tetap, putaran
roda-roda pendaratan
Akuator Hidraulik
Kotak sayap
Kemudi
Suku cadang
Ujung sayap
Pintu kargo dan akses
|
Perusahaan-perusahaan
Jepang seperti Toray, Teijin Seiki, Fuji, Kawasaki, dan Mitsubishi menghasilkan
lebih dari 35% keseluruhan proyek tersebut dengan menyediakan keseluruhan
bagian badan pesawat komposit. Alenia Aeronautica dari Italia memasok 10% dari
pesawat.
Ada
banyak perusahaan Amerika Serikat – di antaranya Crane Aerospace, Fairchild
Controls, Goodrich, General Dynamics, Hamilton Sundstrand, Honeywell, Moog,
Parker Hannifin, Rockwell Collins, Vought Aircraft, dan Triumph Group – yang
juga merupakan pemasok. Sekitar 70% sampai 80% produk Dreamliner ini dibuat
oleh negara-negara lain. Bahkan, beberapa
bagian yang dibuat Boeing dihasilkan oleh fasilitas Boeing yang berada di luar
Amerika Serikat, yakni Australia dan Kanada.
Produk
Dreamliner yang global ini efisien, memiliki jangkauan global, dan dibuat dari
berbagai komponen yang dihasilkan oleh tempat-tempat di seluruh dunia. Hasilnya
adalah sebuah pesawat canggih yang menggambarkan sifat global dari bisnis abad
ke 21 dan salah satu pesawat komersial
yang paling cepat terjual dalam sejarah.
0 komentar:
Posting Komentar