Strategi Produk
Memberikan Keunggulan Bersaing di Regal Marine
Tiga puluh tahun
setelah didirikan oleh seorang petani kentang, Paul Kuck, Regal Marine telah
menjadi suatu nama yang terkemuka di perairan seluruh dunia. Sebagai produsen
perahu terbesar ketiga di dunia (melalui penjualan global), Regal mengekspor ke
30 negara, termasuk Rusia dan Cina. Hampir sepertiga transaksi penjualannya
terjadi di luar negeri asalnya.
Desain produk sangatlah penting pada
bisnis perahu, dimana persaingannya sangat ketat. “Kami tetap berhubungan
dengan pelanggan kami dan merespon pasar,” ujar Kuck. “Kami memperkenalkan enam
model baru hanya pada tahun ini. Saya katakana, kami benar-benar berada di
bagian yang sangat agresif.”
Dengan selera pelanggan yang selalu
berubah, digabungkan dengan perubahan bahan dan teknologi kelautan yang semakin
canggih, fungsi desain terus berada dalam tekanan. Ditambah lagi, adanya
permasalahan persaingan biaya yang dipadu dengan kebutuhan untuk dapat memberikan
yang terbaik bagi pelanggan.
Karena itulah, Regal Marine
merupakan pengguna tetap dari system perancangan yang dibantu computer
(computer aided design – CAD). Desain yang baru menjelma seakan-akan hidup
dengan menggunakan system CAD tiga dimensi Regal yang dipinjam dari teknologi
otomotif. Tujuan para arsitek kelautan Regal adalah terus mengurangi waktu,
mulai dari konsep menjadi purwarupa hingga produksi. Sistem CAD yang istimewa
tidak hanya mengurangi waktu pengembangan produk, tetapi juga mengurangi
permasalahan dengan peralatan dan produksi yang hasilnya adalah produk
unggulan.
Semua produk Regal, mulai dari
perahu 19 kaki seharga $14.000 hingga yacht Commodore 44 kaki seharga $500.000,
menjalani proses produksi serupa. Lambung dan haluan kapal diproduksi dengan
menggunakan tangan secara terpisah dengan menyemprotkan cetakan yang belum
dibentuk dengan tiga hingga lima
lapisan pelapis dari fiberglass. Lambung dan haluan kapal dibiarkan mengeras,
lalu diangkat untuk menjadi struktur bagian atas dan bawah perahu. Selanjutnya
mereka dibawa ke lini perakitan, digabungkan, dan berbagai komponen ditambahkan
pada setiap stasiun kerja.
Bagian-bagian kapal yang terbuat
dari kayu, dipotong sendiri terlebih dahulu oleh mesin yang dikendalikan
computer, diantar tepat waktu untuk dipasang pada satu stasiun kerja. Mesin –
satu dari sedikit komponen yang dibeli oleh Regal – dipasang di stasiun yang
lain. Rak kabel listrik diatur dan dibor sendiri, selanjutnya dipasang. Sebuah
departemen bertugas memasang tempat duduk dan tempat tidur yang dibuat khusus,
juga dashboard atau komponen lainnya yang menggunakan bantalan. Akhirnya,
peralatan yang terbuat dari krom dipasang pada tempatnya dan perahunya dikirim
ke tangki uji Regal untuk diuji kekedapan, ukuran, dan sistemnya.
Kapal yang lebih besar, seperti
Commodore 4260 Express yang mewah ini, sedang diuji di danau atau laut. Regal
adalah salah satu dari sedikit pembuat kapal di dunia yang mendapatkan
sertifikasi kualitas ISO 9001: 2000.
0 komentar:
Posting Komentar