McDonald’s Mencari Keunggulan Bersaing
Melalui Tata Letak
Dalam setengah
abad keberadaannya, McDonald’s telah membuat
perubahan besar-besaran dalam industri restoran dengan dengan
menciptakan suatu restoran siap saji yang memiliki menu terbatas. McDonald’s
juga telah membuat lima
inovasi utama. Pertama, adalah pengenalan tempat duduk di dalam ruangan
(1950-an) yang membuat isu strategis dari tata letak fasilitas, sebagaimana hal
kedua, yakni jendela drive-through (1970-an). Ketiga, penambahan menu sarapan
pada menu yang ada (1980-an) merupakan strategi produk. Keempat, penambahan
area bermain (1980-an) yang lagi-lagi merupakan keputusan tata letak.
Pada tahun 1990-an, McDonald’s
melengkapi kelima inovasi utamanya yang kali ini dengan melakukan penataan
ulang dapurnya secara radikal di seluruh outletnya di Amerika Utara yang
berjumlah 13.500. Pada system dapur yang diberi nama “Dibuat untuk Anda (Made
for You)”, roti lapis daging dibuat sesuai dengan tata letak yang baru.
Pada tahun 2004, waralaba tersebut
mulai melakukan inovasi utamanya yang keenam, tata letak baru untuk pemesanan
makanan: kios swalayan (self service kiosk). Kios swalayan telah berusaha
diwujudkan sejak digunakannya ATM di tahun 1985 (ada lebih dari ½ juta mesin
ATM). Alaska Airlines adalah maskapai penerbangan pertama yang menyediakan
fasilitas check in bandara secara swalayan pada 1996. Sekarang, sebagian besar
penumpang penerbangan besar melakukan check in secara swalayan. Kios Check in
swalayan memakan tempat lebih sedikit daripada seorang karyawan, juga
mengurangi waktu antre.
Sekarang, McDonald’s sedang
mengerjakan inovasi utamanya yang ketujuh, dan tidak mengejutkan juga berkaitan
dengan tata letak. Perusahaan ini sedang merancang ulang semua restorannya (ada
30.000) di seluruh dunia untuk menyesuaikannya dengan wajah abad ke 21. Tempat
makannya akan terpisah menjadi tiga bagian dengan setiap karakteristiknya: (1)
zona “diam (linger)” focus pada remaja dan menawarkan furniture yang nyaman dan
koneksi Wi-Fi; (2) zona “ambil dan pergi (grab and go)” menawarkan tempat duduk
yang tinggi, bangku ala bar, dan TV plasma; serta (3) “zona fleksibel” yang
mempunyai warna yang cerah untuk keluarga, kursi fleksibel, dan musik untuk
anak-anak. Biaya per bagian ini sebesar $300.000-$400.000 untuk renovasi.
Seperti telah diketahui oleh
McDonald’s, tata letak fasilitas benar-benar merupakan sumber keunggulan
bersaing.
0 komentar:
Posting Komentar