Dell computer memulai usahanya dengan satu dasar
pemikiran: menjual langsung kepada pelanggan sehingga menghilangkan rantai
distribusi yang menyebabkan harga jual komputer meningkat. Proses Dell yang
cerdas ini telah menjadi contoh bagi industri komputer dan membuat Dell
menduduki peringkat pertama dalam penjualan komputer.
Pabrik
Dell di Austin, Texas dan Nashville, Tennessee adalah contoh manufaktur yang
efisien. Model penjualan langsung Dell dan proses produksinya yang singkat
menghasilkan umpan balik konsumen secara instan. Karena inilah, Dell menjadi
orang pertama yang mengetahui perubahan di pasar. Dell telah berhasil dalam hal
manufaktur dan mengenal konsumennya sehingga peningkatan produktivitas yang
besar telah menjadi suatu norma dengan ruang manufaktur yang terus berkurang.
Penggunaan robot telah memotong waktu yang diperlukan untuk memuat komputer ke
dalam kemasannya.
Waktu
juga telah dihemat dengan menggabungkan langkah pengunduhan peranti lunak dan
pengujian komputer menjadi satu langkah saja. Dell menjaga desain produk dengan
meninjaunya kembali secara konstan, menyederhanakan komponen-komponennya,
mempercepat perakitan, dan menghemat waktu lebih banyak lagi. Penghematan waktu
meningkatkan hasil, menambah kapasitas, dan berkontribusi pada fleksibilitas.
Hasil, kapasitas, dan fleksibilitas yang bertambah ini memungkinkan Dell untuk
menanggapi perubahan permintaan yang cepat dan terus menerus di pasar PC.
Para
pemasok dan petugas pembelian dalam Dell mengevaluasi bagian persediaan setiap
jam dan agar pekerjaan dalam proses (work in process – WIP) terjaga tetap
minimum. Walaupun rantai pasokannya panjang dan beragam, Dell hanya beroperasi
dengan persediaan untuk 4 hari, lebih sedikit dibandingkan para pesaingnya. Tim
sebanyak enam orang merakit 18 komputer setiap jamnya dengan bagian-bagian yang
datang melalui sistem ban berjalan. Ketika sebuah sel kerja mengalami masalah,
bagian-bagian komputer dipindahkan ke
sel lain secara instan, menghindari keterlambatan yang merupakan hal umum dalam
jalur perakitan tradisional.
Sekarang Dell telah merambah dunia
internet. Tidak ada perusahaan Amerika Serikat seukuran Dell yang sukses
menjadikan internet sebagai alat untuk meningkatkan produktivitasnya
sehari-hari. Dell telah memadukan Web
pada setiap aspek bisnisnya – desain, produksi, penjualan, dan
pelayanan. Dell juga menetapkan standar untuk pengantaran cepat dan kustomisasi
masal. Proses ini mencegah satu masalah utama dalam pasar komputer yang berubah
sangat cepat – yaitu komputer yang ketinggalan zaman. Selain itu, Dell telah
melakukan banyak hal untuk merapikan bagian persediaan. Sebagai contoh,
pengantaran komponen hanya membutuhkan beberapa menit sebelum mereka
dibutuhkan.
Suatau alasan kustomisasi massal dapat berfungsi
dengan baik di Dell adalah karena menginvestasikan sumber daya dalam
pengembangan komponen komputer (sebagaimana banyak pesaing lainnya). Dell
memusatkan hampir seluruh perhatiannya pada penelitian dan pengembangan
(litbang) piranti lunak yang dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses
instalasi dan konfigurasi komputer. Kecepatan produksi Dell membuat banyak
perusahaan multinasional yang menggunakan Dell sebagai pemasok de factonya
begitu terkesan. Reputasi perusahaan tersebut begitu tinggi sehingga CEO
Michael Dell menjadi penasehat sekarang bagi banyak perusahaan lain dalam hal
kustomisasi massal.
0 komentar:
Posting Komentar