Rabu, 27 Oktober 2010 - , , , 0 komentar

Nikmati Kebosanan


Ini sebuah cerita ringan tentang kebosanan. Seorang tua
yang bijak ditanya oleh tamunya.

Tamu :'Sebenarnya apa itu perasaan 'bosan', pak tua?'

Pak Tua :'Bosan adalah keadaan dimana pikiran menginginkan
perubahan,mendambakan sesuatu yang baru, dan menginginkan
berhentinya rutinitas hidup dan keadaan yang monoton dari waktu
ke waktu.'

Tamu :'Kenapa kita merasa bosan?'

Pak Tua :'Karena kita tidak pernah merasa puas dengan apa
yang kita miliki.'

Tamu :'Bagaimana menghilangkan kebosanan?'

Pak Tua :'Hanya ada satu cara, nikmatilah kebosanan itu, maka
kita pun akan terbebas darinya.'

Tamu :'Bagaimana mungkin bisa menikmati kebosanan?'

Pak Tua:'Bertanyalah pada dirimu sendiri: mengapa kamu
tidak pernah ! bosan makan nasi yang sama rasanya setiap hari?'

Tamu :'Karena kita makan nasi dengan lauk dan sayur yang
berbeda, Pak Tua.'

Pak Tua :'Benar sekali, anakku, tambahkan sesuatu yang baru
dalam rutinitasmu maka kebosanan pun akan hilang.'

Tamu: 'Bagaimana menambahkan hal baru dalam rutinitas?'

Pak Tua :'Ubahlah caramu melakukan rutinitas itu. Kalau
biasanya menulis sambil duduk, cobalah menulis sambil jongkok
atau berbaring. Kalau biasanya membaca di kursi, cobalah
membaca sambil berjalan-jalan atau meloncat-loncat. Kalau
biasanya menelpon dengan tangan kanan, cobalah dengan tangan
kiri atau dengan kaki kalau bisa. Dan seterusnya.' Lalu Tamu itu pun
pergi.

Beberapa hari kemudian Tamu itu mengunjungi Pak Tua lagi.

Tamu :'Pak tua, saya sudah melakukan apa yang Anda
sarankan, kenapa saya masih merasa bosan juga?'

Pak Tua :'Coba lakukan sesuatu yang bersifa! t kekanak-kanakan.'

Tamu :'Contohnya?'
 ;
Pak Tua :'Mainkan permainan yang paling kamu senangi di waktu kecil
dulu.'

Lalu Tamu itu pun pergi.

Beberapa minggu kemudian, Tamu itu datang lagi ke rumah Pak Tua.

Tamu :'Pak tua, saya melakukan apa yang Anda sarankan. Di
setiap waktu senggang saya bermain sepuas-puasnya semua
permainan anak-anak yang saya senangi dulu. Dan keajaiban pun
terjadi. Sampai sekarang saya tidak pernah merasa bosan lagi,
meskipun di saat saya melakukan hal-hal yang dulu pernah saya
anggap membosankan. Kenapa bisa demikian, Pak Tua?'


Sambil tersenyum Pak Tua berkata: 'Karena segala sesuatu
sebenarnya berasal dari pikiranmu sendiri, anakku.
Kebosanan itu pun berasal dari pikiranmu yang berpikir tentang
kebosanan.

Saya menyuruhmu bermain seperti anak kecil agar pikiranmu
menjadi ceria.Sekarang kamu tidak merasa bosan lagi karena pikiranmu
tentang keceriaan berhasil mengalahkan pi! kiranmu tentang kebosanan.

Segala sesuatu berasal dari pikiran.
Berpikir bosan menyebabkan kau bosan.
Berpikir ceria menjadikan kamu ceria.'


regards, yatik

0 komentar:

Posting Komentar