Sabtu, 12 Mei 2012 - , , 0 komentar

Contoh Kasus Analisis posisi

Analisis posisi PT Widya Garmen(WG)


1.Ditinjau dari aspek hambatan untuk masuk:

Dari parameter skala ekonomi ; Untuk mendirikan pabrik kaos kaki diperlukan skala ekonmomis produksi yang besar( 4 dari skala 5), artinya pabrik kaos kaki tidaklah cukup menarik jika jumlah produksi kaos kaki yang dihasilkan tidak dalam jumlah besar.PT WG  dapat bertahan karena produknya mendapat pesanan dari perancis, dan Belanda dalam jumlah yang besar setiap tahunnya.
Dari parameter kebutuhan modal, pabrik  membutuhkan modal yang tinggi (4 dari skala 5 ) Karena  harus memiliki mesin-mesin pintal yang dapat menjaga kualitas dan kuantitas produksinya. 

2.Dari aspek persaingan antar pesaing:

   Untuk parameter jumlah persaingan seimbang  di Bandung produksi kaos kaki tidak terlalu besar, Artinya persaingan antar kompetitor tidak terlalu ketat. Untuk parameter pertumbuhan industri kaos kaki dapat dikatakan lambat. Sedangkan. Untuk parameter biaya simpan cukup tinggi, Artinya; produsen kaos kaki sebaiknya mencantumkan variabel kecepatan perputaran persediaan  dalam kontrol kinerjanya. Karena makin lama kaos kaki disimpan akan menimbulkan biaya yang mahal.

Pada masing-masing aspek terdapat bebarapa parameter. Parameter-parameter ini dalam rancangan Sistim Manajemen Kinerja harus dicermati untuk dipertimbangkan apakah akan menjadi variabel kunci untuk dikelola atau tidak, tergantung kondisi dari masing –masing perusahaan dan lingkungan industri yang ada.

Analisis tujuh aspekCSF (Critical Success Faktor)

1.Ditinjau dari  aspek infrastruktur perencanaan:
Untuk parameter sistem perencanaan PT WG lebih lemah dibanding dengan PT Saphira. Untuk parameter sistim informasi dan komunikasi,Struktur organisasi, Budaya perusahaan,Kemampuan kepemimpinan, dan citra perusahaan. Dalam aspek ini hanya parameter manajemen pengendalian saja PT WG seimbang dengan PT Saphira. 

2.Dari aspek keuangan
   PT WG lemah ditinjau dari kemampuan modal, kemampuan untuk akusisi dan divestasi, serta untuk parameter manajemen modal kerja dan manajemen pajak hanya seimbang.

3.Dari aspek sumber daya manusia:
   PT WG seimbang dengan PT Saphira ditinjau dari parameter seleksi, promosi,penempatan, sistem perhargaan, dan hubungan perburuhan serta lemah dari sisi organisasi sumber daya manusia. Analisa dapat dilakukan untuk aspek-aspek Teknologi, Operasi,Pemasaran dan penjualan.

Dari hasil  analisis :                       
Persaingan akan dapat diketahui posisi perusahaan relatif terhadap kompetitor langsung.

Analisis persaingan tidak harus selalu  diperbandingkan antara perusahaan sejenis, tetapi dapat juga diperbandingkan dengan perusahaan yang berbeda jenis.




0 komentar:

Posting Komentar