Senin, 20 Desember 2010 - , , , , , 0 komentar

Segelas Jeruk untuk Jantung

Bukan hanya apel yang bisa menjauhkan Anda dari dokter. Segelas jus jeruk setiap hari tidak hanya membuat tubuh jadi segar, tetapi juga membuat jantung Anda ikut senang!

Menurut para peneliti, kandungan antioksidan hesperidin dalam jus jeruk mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Hesperidin sejatinya adalah senyawa flavonoid yang telah banyak terbukti mampu meningkatkan kesehatan lapisan sel lembut pada dinding pembuluh darah. Sebab, gangguan atau masalah pada sel-sel ini bisa memicu penyumbatan arteri, yang bermuara pada serangan jantung dan stroke. Untuk membuktikan peran hesperidin dalam jus jeruk, 24 pria yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular diharuskan meminum 500 ml jus jeruk (setara dengan 292 mg hesperidin) setiap hari selama sebulan.

Terbukti, pria yang minum jus jeruk setiap hari memiliki fungsi endothelial (kerja sel pada dinding pembuluh darah yang akan memperlancar aliran darah) lebih baik. Mereka juga memiliki tekanan darah diastolik (angka bawah yang terbaca pada alat pengukur tekanan darah) yang lebih rendah.
(Sumber: WebMD Healthnews)

0 komentar:

Posting Komentar