Kamis, 16 Desember 2010 - , , , 0 komentar

Etiket Menjamu Tamu di Rumah


Host, atau penyelenggara acara bisa membuat sebuah jamuan seru menjadi menyebalkan. Ada beberapa etiket yang penting diketahui oleh para penyelenggara acara yang harus dilaksanakan. Selain memastikan bahwa makanan dan dekorasi sudah tertata rapi, ada etiket lainnya yang mesti dipastikan berjalan dengan benar dan para tamu menikmati acaranya. 
Berikut adalah hal-hal yang penting diketahui oleh para penyelenggara acara:
Menyambut Tamu
Saat Anda akan menyelenggarakan pesta di rumah, sambutlah tamu di depan pintu, dan ambil waktu untuk tersenyum dengan tulus meski Anda masih sibuk dengan persiapan. Saat Anda ada di depan pintu yang menyambut tamu, dengan senyum besar, hal itu akan menimbulkan mood untuk tamu menikmati waktu menyenangkan. Cobalah Anda pastikan kebutuhan persiapan pesta terpenuhi sedini mungkin agar Anda punya waktu untuk menyambut para tamu sebelum acara dimulai.

Seringkali, di sebuah perjamuan atau pesta, si penyelenggara acaralah yang paling kenal dengan semua undangan. Meski beberapa tamu mungkin punya keberanian untuk memulai obrolan dengan orang yang tak ia kenal, namun lebih sering orang berkerumun dekat orang yang mereka kenal dan nyaman saja. Sebagai pemilik acara, sebaiknya Anda siapkan waktu untuk membantu para tetamu untuk saling kenal saat masih sedikit orang yang baru datang.

Salah satu kualitas baik dari penyelenggara acara adalah menjembatani para tetamu yang datang. Caranya, bisa dengan mengenalkan mereka yang memiliki kesukaan yang sama atau memiliki kesamaan lain. Setelah beberapa saat, baru minta pamit dengan sopan dan bilang bahwa Anda harus menjamu tamu lain.

Selama Acara
Saat acara sedang berlangsung, sebagai penyelenggara acara, sudah saatnya Anda menikmati waktu dan tamu-tamu Anda, tetapi bukan berarti Anda bisa melupakan etiket menjamu tamu. Pastikan Anda menikmati waktu dengan salah satu tamu dan perhatikan kebutuhan mereka. Jika Anda terlihat tidak sabaran atau gugup, tamu pasti akan melihat dan merasakannya, bisa-bisa mereka enggan berlama-lama di rumah Anda.

Secara periodik, cek para tamu, pastikan tidak ada yang duduk sendiri sambil bengong. Jika Anda melihat ada yang sedang termenung sendiri, coba ajak bicara dan menggabungkannya dalam grup yang seru atau menanyakan apakah ada yang bisa Anda bantu untuk mereka merasa lebih nyaman. Menunjukkan bahwa Anda peduli bahwa tamu Anda menikmati waktu yang mereka lewati di rumah Anda.

Bersiaplah untuk masalah-masalah yang dihadapi saat perkembangan pesta. Misa, tumpahan makanan atau minuman, siapkan handuk bersih dan soda untuk menangani noda yang terjatuh. Pastikan Anda mengelap tumpahan minuman dengan senyuman, dan terimalah permintaan maaf dengan sikap yang elegan, jangan marah-marah.

Situasi Sulit
Mungkin akan ada situasi-situasi ketika pesta tidak berjalan seperti rencana. Berikut adalah beberapa skenario yang bisa saja terjadi dan cara Anda menanganinya:

Tamu yang terlalu cepat

Ada beberapa orang yang senang datang terlambat, supaya bisa pulang cepat. Tetapi ada pula yang gemar datang lebih cepat dari waktu yang ditetapkan. Etiket para tamu yang bisa diterima adalah datang awal, sekitar 10 menit dari jam yang ditentukan. Jadi, bagi Anda yang menjamu tamu, bersiaplah akan kedatangan tamu yang datang lebih cepat. Yang bisa Anda lakukan adalah persilakan mereka duduk dan minta maaf kepada para tamu yang datang terlalu cepat itu bahwa Anda harus melakukan beberapa hal. Karena mereka tahu waktu undangan, dan menyadari bahwa mereka datang terlalu cepat, mereka pasti paham bahwa Anda butuh sedikit waktu untuk bersiap-siap.

Parkir
Ketahuilah jumlah tamu dan perkiraan tempat mereka akan parkir. Jangan sampai parkir kendaraan akan menyusahkan Anda atau tetangga. Pastikan Anda tahu bagaimana dan di mana para tamu bisa parkir supaya tetangga tidak kesal akibat mobil yang memadati jalanan perumahan Anda.

Tamu tak diundang
Jika tiba-tiba Anda melihat ada tamu yang datang padahal Anda tak mengundangnya, cobalah untuk menerimanya sebaik mungkin. Siapkan pula makanan dan minuman untuknya. Pastikan Anda selalu punya cadangan lebih.

Tamu yang tak mau pulang

Untuk tamu-tamu yang kelihatannya tak juga mau pulang, ada beberapa metode tak langsung yang bisa Anda lakukan. Misal, mulai angkat piring-piring kotor ke belakang, matikan beberapa lampu di ruangan yang sudah tak ada orang, atau matikan musik. Tawarkan untuk membawa pulang makanan sisa untuk pulang. Jika mereka masih belum juga mengerti tanda-tandanya, pendekatan secara langsung bisa Anda lakukan. Contohnya, "Terima kasih atas kedatangannya, ya, sudah mulai malam, nih, saya musti beres-beres. Mau saya antar ke mobil?"

Perpisahan
Pastikan Anda mengutarakan apresiasi atas kedatangan kepada para tamu saat mereka mulai bersiap pulang. Adalah hal yang cukup menyenangkan bagi para tamu ketika Anda melakukan obrolan kecil spesifik kepada mereka. Antarkan para tamu ke pintu, dan lihat sampai mereka tiba di mobil. Dengan begini, para tamu akan merasa diperhatikan dan dihargai hingga detik mereka akan jalan pulang.


Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar